Situs Resmi Ngudia Husada Madura
Rubrik : Berita Terkini
Peluang kerja tenaga perawat itu luas
2015-12-03 07:09:50 - by : admin

 


Disini saya akan membahas sedikit tentang peluang kerja tenaga perawat itu seluas apa. Di era modern sekarang ilmu kesehatan semakin berkembang, dari segi penanganan penyakit berat atau ringan dengan peralatan mutakhir, penelitian dan penemuan obat, penyakit, dan lain sebagainya.


Dan tak luput dari segi peluang kerja menjadi tenaga kesehatan pun banyak dibicarakan publik, salah satunya bekerja sebagai Profesi Perawat.


Orang-orang membicarakan lahan kerja Perawat itu dimana saja dan seperti apa. Anehnya mahasiswa/i keperawatan yang sedang menempuh pendidikan pun masih tidak tahu dan banyak berasumsi bahwa lahan kerja perawat di Indonesia itu hanya di Rumah Sakit, Klinik dan Puskesmas. Itu saja !!! Dan mereka berpikir, jika tidak bekerja di Rumah Sakit Klinik dan Puskesmas, mereka bisa mencoba dunia pendidikan sebagai pengajar/pendidik di insitusi keperawatan. Itulah segelintir realita persepsi orang-orang tentang peluang kerja Perawat.


Jangan salah, bahwa sebenarnya peluang kerja Perawat itu sangatlah luas dan banyak. Tergantung kita sebagai perawat harus bisa pintar, cerdik memilih alur yang sesuai dengan kompetensi, minat dan bakat diri sendiri, dan tak lupa tekad yang kuat.


Sebagai gambaran informasi bagi para calon Perawat atau bagi orang tua yang berencana menyekolahkan anaknya ke fakultas keperawatan, atau yang sudah menjadi karyawan, namun masih belum menemukan lahan kerja yang cocok dengan kompetensi, minat dan bakatnya.


Ini diaa…beberapa peluang kerja tenaga Perawat selain di Instansi RS, Klinik atau Puskesmas, dan menjanjikan tentunya :



  • Perawat Homecare



Mungkin yang ini sudah tidak asing lagi bagi rekan-rekan. Tapi, nyatanya dilapangan masih kurang minat untuk menjadi Perawat Home Care dan di pandang sebelah mata, entah itu karna minim pengetahuan tentang Perawat Home Care atau apalah saya tidak tahu jelas.


Tapi, saya tegaskan Pelayanan Perawat Home Care belakangan ini sudah menjamur di beberapa negara berkembang, di Indonesia sendiri sudah banyak klinik-klinik Home Care di berbagai kota-kota besar di pulau jawa, seperti Klinik Home Care Insan Medica Persada di Yogyakarta, Kita Care dan Gracefully Care di Bandung, dan masih banyak lagi Klinik Home Care yang tak bisa saya sebutkan satu persatu.


Yang jelas dari segi fee sangat menjanjikan dan di waktu luang sift bisa meneruskan jenjang pendidikan, pelatihan atau kursus, karna tidak sesibuk dibanding bekerja di RS.
So…kabar baik bagi tenaga Perawat.



  • Perawat Kesehatan Kerja


Pertumbuhan ekonomi Di Indonesia tidak terlepas dari munculnya berbagai perusahaan-perusahaan, pabrik-pabrik besar, bahkan pertambangan yang mampu meningkatkan pendapatan negara. Perusahaan tersebut pasti memerlukan tenaga kesehatan, karena untuk menunjang peraturan pemerintah tentang K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja) yang tertuang dalam UU No. 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja, UU No. 23 tahun 1992 tentang kesehatan, UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan, maka dari itu mau tidak mau pihak perusahaan harus mementingkan dari segi kesehatan dan keselamatan pekerjanya. Banyak perusahaan menggunakan jasa OHN (Occupational Health Nurse).


Salah satu badan penyalur tenaga kesehatan untuk skala perusahaan adalah International SOS Jakarta. So… banyak dibutuhkan tenaga kesehatan seperti perawat. Ini cocok bagi yang berjiwa petualang.



  • Perawat Pengusaha


Untuk yang satu ini, pasti akan terbesit di pikiran pembaca, apa hubungannya dengan Perawat ? Namun tidak menutup kemungkinan, perawat juga punya jiwa berwirausaha, karna sekarang di setiap institusi keperawatan sudah di berikan teori/materi Nursing Enterpreneur.


Banyak contohnya perawat yang tak hanya bekerja di instansi kesehatan, tetapi bergelut juga di dunia wirausaha, seperti berbisnis alkes, buku keperawatan, apotik, pembicara seminar keperawatan dan nursing dormitories, klinik Perawatan Luka, dan masih banyak lagi.



  • Perawat Pendidik



Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan kesehatan salah satunya bidang keperawatan, maka semakin banyak pula bermunculan institusi keperawatan dari jenjang Diploma sampai Magister, efeknya semakin banyak pula kebutuhan/permintaan akan jasa Perawat sebagai tenaga pendidik.


Jadi, siap-siap saja bagi yang berminat menjadi pengajar/ pendidik.



  • Perawat Advokat


Dewasa ini, banyak oknum-oknum yang memanfaatkan beban tugas dan tanggungjawab seorang perawat terhadap pasien untuk dijadikan kasus. Untuk itu, sangatlah penting seorang perawat advokat melindungi profesi keperawatan dan kliennya, dengan memahami hak, kewenangan, tanggung jawab dan tanggung gugat pemberi dan penerima jasa layanan asuhan keperawatan. Bahkan sekarang sudah jelas tertuang dalam UU Keperawatan No. 38 tahun 2014 menyatakan bahwa penyelanggaraan pelayanan keperawatan harus bertanggung jawab, bermutu, akuntable, aman dan terjangkau.



  • Perawat Peneliti


Dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan tentang keperawatan/kesehatan, Perawat peneliti sangat dihargai di berbagai negara maju. Di sinilah tempatnya bagi perawat jenius.



  • Perawat Politikus


Mungkin agak aneh. Namun, tidak menutup kemungkinan seorang perawat cakap dalam hal berpolitik. Beberapa kader partai besar, anggota DPR, dan lain-lain mempunyai latar belakang sebagai perawat. Jadi, kenapa tidak gelar perawat duduk di gedung DPR ?



  • Perawat Konsultan Kesehatan


Nah, untuk yang satu ini mungkin yang paling gampang. Namun, jangan salah sebagai konsultan kesehatan itu perlu pengetahuan yang tinggi dalam memahami kasus dan Asuhan Keperawatan, dan wajib memiliki skill bina trust tinggi untuk menghadapi pasien. Dan bisa disebut sebagai Konsultan Perawat Profesional.



  • Perawat Penulis / Nursing Author


Bekerja sebagai perawat juga merupakan profesi perawat yang tak kalah mentereng. Tentu saja untuk menjadi penulis terutama penulis buku-buku keperawatan haruslah mempunyai kompetensi yang menunjang baik dari segi keilmuan keperawatan dan juga kepenulisan.



  • Perawat Komunitas

  • Perawat Maternitas

  • Perawat Manajer


Itu gambaran informasi peluang kerja perawat lainnya selain “hanya” bisa bekerja di RS maupun Puskesmas. Mari mulai dari sekarang untuk meningkatkan kompetensi dan skill, agar Perawat Indonesia bisa bersaing di skala international.


Semoga bermanfaat. Amiin.

Situs Resmi Ngudia Husada Madura : http://nhm.ac.id
Versi Online : http://nhm.ac.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=316